My Time

My Calender

Cara Mudah Merawat Kuda Bebek Jupiter MX

Cara Mudah Merawat Kuda Bebek Jupiter MX


Jupiter MX adalah salah satu produk canggih sepeda motor tipe Sport pertama yg di luncurkan oleh Yamaha yg sudah di lengkapi dg sistem pendingin mesin ato biasa disebut juga dg nama Radiator .Dg demikian ,maka perlu perawatan khusus terhadap Jupie (nama lain dari Jupiter MX) yg satu ini .Pada kesempatan kali ini ,saya akan menjabarkan serba-serbi tentang Jupiter MX keluaran tahun 2006 .Sebelum melakukan perawatan rutin dan identifikasi kerusakan pada Jupie MX kali ini ,seabiknya kita perlu mengetahui spesifikasi dari Jupiter MX kali ini .Berikut ini adalah spesifikasinya :
MESIN
Tipe Mesin                    :4 Langkah ,SOHC ,4 Klep (Berpendingin Cairan)
Diameter x Langkah       : 54.0 x 58.7 mm
Volume Silinder             : 135 CC
Perbandingan Kompresi : 10.9 : 1
Power Max                   : 8 ,45kW (11 ,33HP) pada 8500 rpm
Torsi Max                     : 11 ,65N.m (1 ,165 kgf.m) pada 5500 rpm
Sistem pelumasan        : Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin      : Penggantian Berkala 800cc
Penggantian Total 1000cc
Kap .Air Pendingin        : Radiator dan Mesin 620cc
Tangki Recovery 280cc ,Total 900cc
Karburator                    : Mikuni VM 22 x 1 ,Setelan Pilot Screw 1-5/8 putaran keluar
Put Langsam mesin      : 1.400 rpm
Saringan Udara Mesin   : Tipe Kering
Sistem Starter              : Motor Starter dan Starter Engkol
Tipe Transmisi              : Tipe ROTARY 4 Kecepatan ,dg kopling manual
CHASIS
Tipe Rangka                 : Diamond Frame
Suspensi Depan           : Telescopic Fork
Suspensi Belakang       : Tunggal / Monocross
Rem Depan                  : Cakram Tunggal 220 mm
Rem Belakang              : Tromol dg Bahan “Non Asbestos”
Ban Depan                   : 70/90 – 17 dg Velg Racing
Ban Belakang               : 80/90 – 17 dg Velg Racing
Ukuran Rantai               : 428
KELISTRIKAN
Lampu Depan               : 12 Volt ,32 W / 32 W
Lampu Sein Depan       : 12 Volt ,10 W x 2 buah
Lampu Sein Belakang   : 12 Volt ,10 W x 2 buah
Lampu Rem                 : 12 Volt ,5 W / 21 W x 1 buah
Battery                        : GM5Z – 3B / YB 5L-B 12 Volt 5 ,0 Ah
Busi / Spark Plug         : NGK CPR 8 EA-9 / DENSO U 24 EPR-9
Sistem Pengapian        : DC CDI
Sekring                        : 10 Ampere
DIMENSI
P x L x T                     : 1.945 mm x 705 mm x 1.065 mm
Tinggi Tempat Duduk    : 770 mm
Jarak Sumbu Roda       : 1.245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 140 mm
Kap. Tangki Bahan Bakar : 4 Liter
Berat Isi : 109 kg
Berat Kosong : 104 kg
PERAWATAN
1. Oli Mesin 
     Penggantian oli max 4000 km sesuai standart pada motor Yamaha yg sudah dibekali dg oli standardnya yaitu YAMALUBE .dg begitu kita nggak perlu susah2 untuk mencari oli yg cocok untuk dipakai pada motor Yamaha kita sendiri .Dalam pemakaian oli ,sebaiknya kita jangan pernah mengganti2 jenis oli yg ingin dipakai .Setiap jenis atopun merk oli yg dikeluarkan oleh pabrikan itu pastinya memiliki SAE kekentalan oli yg berbeda2 .Pemakaian oli yg berganti2 jenis atopun merk secara terus menerus dapat menyebabkan keausan dan bunyi kasar terhadap mesin sebelom masa garansi habis .
Cara untuk mengganti olinya pun sangatlah mudah .cekidot :
  • buka terlebih dahulu tutup oli yg atas
  • buka tutup oli bagian baeah mesin dan tampung oli yg sebelumnya sudah ada dalam kalter mesin
  • semprot dari lubang atas mesin dg menggunakan kompreso angin sekitar sekitar 5 detik dan jangan terlalu lama .Karena akan mengakibatkan kondisi dalam mesin menjadi kering ,kemudian semprot tutup oli bagian bawah beserta filternya dan pasangkan lagi pada tempat semula .Letak Filter jangan sampai terbalik .
  • masukkan oli baru yg sudah disediakan dg ketentuan 800 ml .
  • pasangkan kembali tutup bagian atas .
  • engkol berulang kali kemudian nyalakan mesin untuk pemanasan agar oli naik .jangan di gas tinggi .
2. Karburator
     Pada MX karburator berbeda dg motor bebek lainnya .Di dalamnya sudah menggunakan Sensor Switch yg dihubungkan ke CDI guna membaca takaran udara yg masuk dalam hitungan 40 map .Tapi hiraukan saja ,toh nggak di pasang juga gak papa .Efeknya pun dikit bangeet ..hanya mengurangi performa dari kecepatan CDI dalam memajukan sinyal untuk api busi dalam setiap tarikan gas .
Cara membarsihkannya cukup mudah ,bongkar lalu semprot dan pasangkan lagi seperti semula .Penyetelan udara masuk sesuai standardnya adalah 2 kali putaran setelah dikencangkan kemudian atur setelan gasnya sesuai selera anda .
3. Busi
    Busi yg sudah mati tidak dapat di perbaiki lagi alias harus diganti .Apabila percikan api dari busi sudah tidak lagi berwarna biru sebaiknya ganti saja sebelum mati mendadak di jalan dan merepotkan anda .Pengecekkan busi dilakukan sebaiknya pada ketentuan +_ 10000 km .  
4. Tekanan Angin Pada Ban
    Tekanan angin pada ban Jupie yg satu ini sebaiknya jangan terlalu kencang karna dapat membuat bodi plastik mengeluarkan bunyi yg agak berisik akibat hentakan dijalanan .Dg ketentuan 3,5 msi untuk depan dan 4 msi untuk belakang .
5. Pengaturan Rantai
    Setel rantai jangan terlalu kencang dan kendor dg ukuran 2 cm kebebasan jarak gerak rantai ke atas dan ke bawah .Pengecekan dilakukan 2 minggu sekali .Gunakanlah Chainlube untuk melumasinya jangan menggunakan oli bekas karena dapat menyebabkan rantai cepat molor .
6. Kampas Rem 
   Lakukan pembersihan setiap kali anda mencuci motor anda dg menggunakan sikat ,apabila sudah terasa tidak bisa untuk melakukan pengereman maka sebaiknya periksa dan ganti apabila kanvas rem sudah mulai menipis .Biasanya penggantian kanvas rem dalam jangka waktu 3 bulan sekali untuk belakang dan 4 bulan sekali untuk depan dan itu semua tidak bisa dipastikan karena semuanya kembali lagi kepada kecenderungan si pengguna tsb.